STRATEGI KAMPANYE ANIES BASWEDAN-SANDIAGA UNO DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DKI JAKARTA TAHUN 2017

  • Zulfi Mulyansyah Hartanajaya Universitas Padjadjaran
  • Yusa Djuyandi Universitas Padjadjaran

Abstract

Pilgub DKI Jakarta 2017 dimenangkan oleh Anies-Sandi, pasangan tersebut mampu mengalahkan Ahok-Djarot sebagai petahana menarik dikaji dari strategi kampanye karena setiap kandidat memiliki strategi kampanye yang berbeda untuk mendapatkan suara pemilihnya. Penelitian ini menjelaskan bagaimana strategi kampanye Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk memenangkan Pilgub DKI Jakarta 2017. Peneliti menggunakan teori J.B O’Day untuk menjelaskan langkah- langkah pasangan Anies-Sandi dalam melakukan strategi kampanye, tentunya sebelum melakukan kampanye diperlukan perencanaan terlebih dahulu agar kampanye dapat tepat sasaran. Dalam penelitian peneliti menggunakan metode kualitatif dengan tujuan peneliti akan mengeksplorasi lebih dalam terkait strategi, proses, serta aktivitas-aktivitas yang telah dilalui oleh tim pemenangan Anies-Sandi sehingga mampu memenangkan kontestasi politik. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti, yaitu wawancara dan studi pustaka dengan mencari data mengenai Pilgub DKI Jakarta 2017. Hasil dari penelitian ini adalah tim pemenangan Anies-Sandi melakukan langkah-langkah yang dijelaskan dalam teori J.B O’Day. Hal pertama yang dilakukan oleh tim pemenangan adalah menganalisis peraturan KPU, melakukan survei karakteristik wilayah dan karakteristik pemilih, melakukan analisis SWOT terhadap pasangan calon yang mengikuti kontestasi politik tersebut, dan survei elektabilitas pasangan Anies-Sandi. Kedua, tim pemenangan menggunakan data yang sudah dianalisis tersebut untuk menentukan tujuan dari kampanye pasangan Anies-Sandi. Ketiga, tim pemenangan menentukan target pemilih yang dibagi kedalam beberapa kelompok. Keempat, tim pemenangan dan relawan membuat pesan kampanye yang bersifat singkat, padat, dan jelas. Kelima, Kedalam membangun hubungan dengan pemilih tim pemenangan menggunakan push, pull, dan pass marketing. Keenam, pada pelaksanaan kampanye tim pemenangan memanfaatkan figur kandidat dan relawan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-30