Author Guidelines

PERSYARATAN PENULISAN DAN PENGIRIMAN NASKAH DI SCRIPTA: JURNAL ILMIAH MAHASISWA

Tujuan dan Ruang Lingkup Jurnal

Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah di bidang Sosiologi, Politik, dan kajian ilmu-ilmu humaniora lainya seperti kajian komunikasi, bahasa, sastra dan budaya yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa mempublikasikan karya ilmiahnya. SCRIPTA: JURNAL ILMIAH MAHASISWA terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Kajian-kajian kritis akan disaring dan melalui proses review yang melibatkan pakar-pakar dalam bidang sosial humaniora yang berasal dari Universitas Bangka Belitung dan dari eksternal kampus.

 

Ketentuan Umum Naskah

  1. Naskah berupa artikel ilmiah hasil dari penulisan Tugas Akhir Mahasiswa/ Skripsi / Tesis yang telah disidangkan.
  2. Naskah harus berdasarkan pada:
  • keaslian (Originalitas),
  • Novelty (Kebaruan),
  • Importance, dan
  • keilmiahan (Scientific Merit).
  1. Penulis memberikan informasi berupa nama penulis tanpa gelar akademik, nama instansi, dan alamat email.
  2. Sistematika naskah mengikuti aturan template jurnal yang dapat diunduh di bagian template jurnal.

Ketentuan Penulisan

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris baku dengan abstrak dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia.
  2. Ketentuan abstrak tidak lebih dari 250 kata disertai 3 kata kunci (Keyword). Abstrak ditulis meliputi masalah, tujuan, pendekatan, metode yang digunakan, temuan penting, implikasi dan kesimpulan.
  3. Naskah merupakan ketikan asli atau soft file dengan panjang antara 10-12 halaman, diketik di kertas ukuran HVS Quarto, font Times New Roman ukuran 12pts dengan spasi 1.5.
  4. Judul tidak terlalu panjang dan harus informatif (Maksimal 14 kata ditulis dengan huruf capital seluruhnya, diletakkan center, dan ditebalkan).
  5. Tabel dan gambar harus diberi judul, berspasi tunggal, nomor dan sumber harus jelas.
  6. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk. Semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% adalah terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang dapat digunakan adalah artikel penelitian dalam jurnal, skripsi, buku, thesis, disertasi, dan publikasi lainnya yang relevan.
  7. Penulisan rujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman. Contoh (Ibrahim, 2018: 20).
  8. Untuk memudahkan dalam penulisan manuskrip, silahkan download template jurnal dan ikuti langkah-langkah yang tersedia dalam template tersebut.

Ketentuan Penerimaan Tulisan

  1. Semua naskah ditelaah oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh pemimpin redaksi menurut bidang kepakarannya. 
  2. Penulis diberikan kesempatan untuk merevisi naskah nya atas saran mitra bestari. 
  3. Penerimaan dan penolakan akan diberitahukan melalui akun penulis langsung dalam sistem atau melalui email penulis yang terdaftar. 
  4. Originalitas naskah berikut konsekuensi hukum yang timbul karenanya menjadi tanggung jawab penulis.