PERAN OMBUDSMAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DIFABEL DI RUMAH SAKIT BAKTI WARA

  • Kevin Sabri Jurusan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung
Keywords: ombudsman, pelayanan publik, kelompok difabel, maladministrasi

Abstract

 

Kelompok difabel merupakan akses penting dalam pelayanan publik karna masuk ke dalam sektor peningkatan kesejahteraan sosial untuk menghindari pungli terhadap difabel yang kemudian lahirnya birokrat pelayanan publik menjadi khawatiran tumbuhnya sektor pungli: maladministrasi dalam melayani masyaarkat dan terkhusus difabel. Tujuan penelitian ini unuk menggetahui peran ombudsman dalam meningkatkan pelayanan difabel di rumah sakit bakti wara. Pelayanan merupakan bentuk perhatian untuk mendapatkan hak-hak sebagai masyarakat dan publik sebagai pelangan, maka setiap warga Negara dalam suatu komunitas yang ikut berpatisipasi di dalam pemerintahan disebut sebagai penyelenggaraan pelayanan publik. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui peran ombudsman dalam meningkatkan pelayanan difabel di rumah sakit bakti wara. Adapun hasil penelitian dalam jurnal ini Berdasarkan data ombudsman RI pada tahun 2017-2018 menerima laporan/pengaduan masyarakat serta kelompok difabel atas dugaan maladministrasi rumah sakit dalam pelayanan publik sebanyak 2.130-9.446 laporan.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30