THE FULFILLMENT OF HIERARCHY OF NEEDS IN THE MAIN CHARACTER IN MADELINE MILLER’S CIRCE

  • bella Bella
Keywords: Hierarki, kebutuhan, proses, proses karakterisasi

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis hirarki kebutuhan hidup dan proses karakterisasi dari karakter utama didalam novel berjudul Circe karya Madeline Miller. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis hirarki kebutuhan hidup dan proses karakterisasi karakter utama. Studi ini menggunakan teori hirarki kebutuhan hidup dari Abraham Maslow sebagai teori utama dan teori karakterisasi dari Edgar V. Roberts sebagai teori pendukung. Studi ini menemukan bahwa Circe sebagai karakter utama bisa memenuhi lima hirarki kebutuhan hidup. Physiological needs terpenuhi ketika Circe berhasil memenuhi kebutuhan makanan, minuman, dan tidurnya. Safety needs terpenuhi ketika Circe bisa melindungi dirinya sendiri dari bahaya disekitarnya. Love and belonging needs terpenuhi ketika Circe berhasil menikah dengan Telemachus. Esteem-needs terpenuhi ketika Circe berhasil mendapatkan pengakuan dan bisa menghargai dirinya sendiri. Self-actualization needs terpenuhi ketika Circe berusaha untuk mengembangkan kemampuannya sebagai seorang penyihir sehingga mendapat julukan penyihir dari Aiaia. Didalam pemenuhan hirarki kebutuhan hidup, Circe selalu berusaha dengan semaksimal mungkin dalam memenuhi semua kebutuhannya sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrams, M. H., and Harpham, G. (2015) A Glossary of Literary Terms (11th edition). United States: Congage Learning.
Andrew B. and Royle N. (2004). An Introduction to Literature, Criticism, and Theory: 3rd Edition. Great Britain: British Library.
Cresswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design (3rd edition). United States: University of Nebraskan.
Gorelick, N. (2019). What is Novel? The Fundamental Concept of a Literary Phenomenon. Continental Though & Theory. A journal of Intellectual freedom. Vol 2. 134-166).
Maslow, A. H. (2000). A Theory of Human Motivation. Ontario: Toronto University.
Miller, M. (2018). Circe. New York: Little, Brown, and Company.
Roberts, V. E. (1991). Writing About Literature. New York: The Solomon R. Guggenheim Foundation.
Roberts, V. E., Zweig, R. (2012). An Introduction to Reading and Writing (2nd ed). New York: Pearson Education, Inc.
Published
2022-04-30