EFEKTIVITAS KEBIJAKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DESA SEBAGIN, KABUPATEN BANGKA SELATAN

  • Rini Sandrawati
Keywords: efektifitas, dana desa, covid 19

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan melemahnya daya beli masyarakat. Akibat perekonomian masyarakat yang terganggu Pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 yaitu BLT-Dana Desa sebagai bentuk perlindungan sosial masyarakat miskin ditengah pandemi. Program ini ditujukan kepada masyarakat miskin non PKH, kehilangan mata pencaharian, belum terdata dan mempunyai penyakit menahun. Tujuan dari bantuan ini untuk menjaga daya beli masyarakat miskin dan membangun tanggung jawab sosial dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Program BLT-Dana Desa di Desa Sebagin juga telah  dirasakan masyarakat, Namun berkaitan dengan penerima bantuan terdapat konflik kecemburuan antar masyarakat. Hal tersebut karena penerima yang masih mampu dalam hal ekonomi tetapi masih terdata dalam bantuan dan terdapat sikap nepotisme antar perangkat di desa dan tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari kebijakan BLT-Dana Desa dan Faktor pendukung serta penghambat dari kebijakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori Efektivitas dari Makmur (2010). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses pendataan penerima bantuan masih terdapat data yang tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dan masih terdapat sikap nepotisme walau proses pendataan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Kemudian, dengan adanya bantuan ini cukup memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-sehari walau tidak memenuhi semua kebutuhan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cici, Rianci. 2021. Implementasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa) Menurut Peratura Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa PDTT No 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Universitas Islam Negeri Riau.

Maknolia, Yuliana dan Dasrun 2020. Respon Masyarakat Terhadap Bantuan Pemerintah Selama Covid-19 Di Kota Bandung. Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Bandung.

Miles dan Hubermas dalam Afrizal (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disipilin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Moelong, Lexy J. 2005. Metodologi Peneleitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pramanik, D.P. 2020. Dampak Bantuan Paket Sembako dan Bantuan Langsung Tunai Terhadap Kelangsungan Hidup Masyarakat Padalarang Pada Masa Pandemi Covid 19. Politeknik Piksi Ganesha Bandung. Vol 01 No 12.

Rahmansyah, Wildan. dkk. 2020. Pemetaan Permasalahan Penyaluran Bantuan Sosial untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia. Jurnal Univeristas Padjajaran Bandung.

Published
2022-04-30