POLA ADAPTASI NARAPIDANA DI LAPAS NARKOTIKA KLAS III KOTA PANGKALPINANG

  • Erry Fahrozy Universitas Bangka Belitung
  • Sakinah Amalia Khumairah Universitas Bangka Belitung
Keywords: Adaptasi, Narapidana

Abstract

Sebagai makhuk sosial, manusia tentu membutuhkan bantuan manusia yang lainnya agar mempermudah jalannya hidup mereka. Manusia dalam kehidupan bermasyarakat dituntut untuk taat pada norma yang berlaku di masyarakat. Seseorang yang telah melakukan tindak kriminal yang tidak bisa dimaafkan masyarakat seperti pelanggaran hukum yang dikategorikan sebagai kejahatan luar biasa, misalnya narkoba. Narkoba memberi pengaruh buruk baik untuk orang itu sendiri maupun orang lain, sebab seseorang yang d ibawah pengaruh narkoba perpotensi melakukan tindakan yang membahayakan bagi masyarakat.

Para pelanggar narkoba yang di bina di satu tempat yang dikenal dengan lembaga pemasyarakatan atau lapas khusus narkoba. Seorang narapidana dibawa kemudian di bina guna memperbaiki ketergantungan dan tidak mengulang kembali kesalahannya. Sepanjang masa hukuman, seorang narapidana tidak diizinkan sesukanya keluar masuk sel. Dalam sel yang sempit mereka harus menahan segala sesuatu yang baru mereka rasakan di sel.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola adaptasi seorang narapidana mulai dari cara mereka berbaur dengan narapidana lain, bagaimana mereka menjalani kehidupan mereka selama masa hukuman dengan semua keterbatasan yang harus mereka jalani. Bertemu dengan orang-orang yang baru mereka kenal. Hidup bermasyarakat dengan suasana berbeda dengan hidup di masyarakat sebelumnya. Ruang lingkup yang lebih kecil, kembali beradaptasi dengan lingkungan dan beragam sifat dan perilaku manusia. Harus mentaati peraturan baru yang lebih ketat dengan pengawasan yang tiada henti sampai selesai masa hukuma mereka.

 narapidana, adaptasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-19