STRATEGI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN BANGKA BELITUNG DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI BANGKA BELITUNG

  • Nur Atika Universitas Bangka Belitung
  • Ratna Ratna Universitas Bangka Belitung
  • Zahrotul Huda Universitas Bangka Belitung
Keywords: Ombudsman, Pelayanan Publik, Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh lembaga Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Bangka Belitung dalam usaha peningkatan pelayanan Publik. Karena ombudsman merupakan salah satu lembaga negara yang bertugas mengawasi kinerja pelayanan publik , mengingat masih banyak sekali terjadi maladministrasi pada instansi pelayanan publik di Bangka Belitung.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana peneliti melakukan observasi secara langsung serta melakukan wawancara terhadap insan ombudsman perwakilan Bangka Belitung untuk mengetahui strategi Ombudsman Republik Indonesia dalam melakukan peningkatan Pelayan publik di Kota Pangkal Pinang.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat beberapa komponen yang berperan dalam peningkatan pelayanan publik. Dua diantaranya merupakan startegi dari pusat yang juga diterapkan di tingkat daerah yaitu, (1) Penilaian Kepatuhan Standar Penyelenggaraan Layanan UU No 25 Tahun 2009; (2) Partisipasi Masyarakat. Selain itu terdapat pula strategi yang berasal dari Ombudsman Ri Perwakilan Bangka Belitung sendiri yaitu, (1) Membentuk Jejaring Ombudsman Bangka Beltung; (2) Sosialisasi Ke sekolah-sekolah; (3) Dialog Interaktif antar instansi dan antar masyarakat di Bangka Belitung.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-19