RESISTENSI KELOMPOK MASYARAKAT di KELURAHAN KENANGA TERHADAP LIMBAH PT. BANGKA ASINDO AGRI DI KELURAHAN KENANGA, KABUPATEN BANGKA

  • Lidiadiningsih Lidiadiningsih
Keywords: Limbah, resistensi, protes

Abstract

Penelitian ini mengenai resitensi yang dilakukan oleh kelompok struktur bawah (masyarakat) terhadap kelompok struktur atas (pengusaha dan pemerintah). Resistensi dalam bentuk protes muncul karena adanya PT. Bangka Asindo Agri yang berdiri di wilayah permukiman warga dengan jarak yang kurang dari 1 kilometer, wilayah berdirinya PT. Bangka Asindo Agri bukan di wilayah industri dan kurang optimal dalam pengelolaan  limbah hasil produksi, sehingga ini menjadi pemicu konflik di Kelurahan Kenanga, Kabupaten Bangka. Akibatnya masyarakat terbagi menjadi 2 kelompok yakni, kelompok pro dan kontra. Kelompok masyarakat yang kontra melakukan resistensi terhadap PT. Bangka Asindo Agri selaku penyebab. Tujuan penelitian mengetahui bentuk resistensi yang dilakukan oleh kelompok masyareakat di Kelurahan Kenanga, Kabupaten Bangka dan peluang keberhasilan dalam melakukan resistensi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kelompok masyarakat kontra melakukan resistensi dengan 2 bentuk yakni;(1) Resistensi terbuka berupa mendatangi sejumlah pemerintah setempat dan perusahaan, petisi dengan hasil 1.255 tandatangan agar pabrik di tutup, memasang spanduk, protes di media sosial, pengumpulan KTP (Kartu Tanda Pengenal) dan tandatangan untuk menggugat PT. Bangka Asindo Agri dengan hasil 1900 tandatangan dan fotokopi KTP (Kartu Tanda penduduk), gugatan kepengadilan PT. Bangka Asindo Agri. (2) Resistensi tertutup berupa penarikan rasa hormat terhadap PT. Bangka Asindo Agri. Kelompok ini berhasil dalam melakukan perlawanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basari, Seta. 2011. Pengantar Ilmu Politik. Yogyakarta : Indie Book Center.
Harrison, Lisa. 2007. Metodologi Penelitian Politik. Jakarta : Kencana.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.
Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Noer, Deliar. 1983. Pengantar Kepemikiran Politik. Jakarta : Rajawai.
Scott, James C. 2000. Sejuta Orang-orang yang Kalah; Bentuk Resistensi Sehari- hari Kaum Tani. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Scott, James C. 1993. Resistensi Kaum Tani. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia
Scott, James C. 1990. Domination and the Arts of Resistance: Hidden Transcripts. London : Yale University Press.
Kodri, M Adha Al. 2016. Resistensi Masyarakat Dusun Air Abik dalam Menentang Perluasan Lahan Perkebunan Sawit dilihat dari Teori Contentious Politics. Jurnal Society. Vol. 6. No. 2.
Siahaan, Hotman, M. 1999. Anarki Sebagai Upaya Mempertahankan Subsistensi di Pedesaan”. JSP. Vol. 2 No. 3.
Komorina, Savonda Risky. 2017. Resistensi Masyarakat Kelurahan Gunung Anyer Kecamatan Gunung Anyer Surabaya Tentang Rencana Pembangunan Apartemen dan Mall. Jurnal Paradigma. Vol. 5 No 1.
Wahyuni, 2018. Identifikasi Pola Psikologi Komunikasi Resistensi dalam Masyarakat. Jurnal Peurawi. Vol. 1 No. 1
Lestari, Dera Suci. 2019. Konflik Kepentingan PT. Bangka Asindo Agri dengan masyarakat (Studi tentang pendirian PT. Bangka Asindo Agri Kelurahan Kenanga Kabupaten Bangka). Pemerintah Bangka Belitung.
Panca, Muhammad Tri. 2011. Resistensi Pedagang Sumber Arta Bekasi Barat. Pemerintah Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Susanti, Wiwin. 2018. Pelaksanaan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan
(AMDAL) Oleh Perusahaan Berdasarkan Perda Nomor 9 Tahun 2015
Tentang Izin Lingkungan di Kabupaten Bangka. Universitas Bangka Belitung.
Attamimi, Lucky A. 2014. Resistensi Warga Pinggir Rel Surabaya (Studi Deskriptif Resistensi Tim Anti Penggusuran Masyarakat Pinggir Rel Surabaya Terhadap Pembangunan Tol Tengah Kota Surabaya). Universitas Airlangga.
Habibi, Ahmad Wildan. 2020. Perlawanan Masyarakat terhadap Corporate Social And Responsibility (CSR) PT. PJB Tuban. Universitas Negeri Surabaya. Vol. 8. No. 1
Arumingtyas, Lusia. 2021. Belajar dari Kasus Warga Kenanga, Menang dengan Pembelaan Anti SLPP (https://www.mongabay.co.id/2021/08/23/belajar-dari-kasus-warga-Kenanga-menang-dengan-pembelaan-anti-SLAPP) diakses pada 19 Oktober 2021.
Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. 2021. Data UMKM. (http://dinpmp2kukm.Bangka.go.id/content/data-umkm). Diakses pada 19 Oktober 2021.
Kasmono. 2018. Warga Protes Bau Busuk dari PT. Bangka Asindo Agri (https://sumsel.antaranews.com/berita/329947/warga-protes-bau-busuk-dari-PT ). Diakses pada 22 Juni 2022.
Rukmana, Heti. 2020. Kampungku dan Polusi Bau Busuk dari Limbah PT . Bangka Asindo Agri (https://www.kompasiana.com/heti04195/5f7d2ff39715944c1042cb82/kampungku-terbusuk-se-Bangka-belitung). Diakses pada 22 Juni 2022.
Nurhayati. 2018. Tak Tahan Bau Busuk Limbah Tapioka, Warga Kenanga Desak
DPRD Cabut Izin. (https://belitung.tribunnews.com/2018/03/19/tak-tahan-bau-busuk-limbah-tapioka-warga-Kenanga-Desak-dprd-cabut-izin). Diakses pada 22 Juni 2022.
https://www.instagram.com/p/CAQvYO2jNJy/?igshid=MDJmNzVkMjY diakses pada 22 juni 2022
Published
2022-12-31