STRATEGI POLITIK INCUMBENT DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEKALAHAN PADA PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 KABUPATEN BANGKA

  • Bella Putriwani Universitas Bangka Belitung
  • Ranto Ranto Universitas Bangka Belitung
  • Aimie Sulaiman Universitas Bangka Belitung
Keywords: Pemilihan Legislatif, Incumbent, Strategi Politik

Abstract

Pemilihan legislatif menampilkan begitu banyak pertarungan baik itu kandidat baru ataupun incumbent. Untuk memenangkan kursi parlemen tentu mereka harus mempunyai strategi politik. Di Bangka Belitung, tepatnya Kabupaten Bangka pada pemilihan legislatif 2019 menjadi angka peserta incumbent tertinggi yaitu berjumlah 23 orang dibandingkan kabupaten lain dengan angka tertinggi pula pada kekalahan incumbent yaitu berjumlah 7 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi politik dan mengetahui faktor kekalahan incumbent pada pemilihan legislatif 2019. Penelitian ini menggunakan teori strategi politik menurut Schroder yaitu strategi ofensif dan strategi defensif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ofensif dan defensif menurut Peter Schroder dalam penelitian ini tidak berlaku pada pemilihan legislatif 2019 di Kabupaten Bangka. Karena di Kabupaten Bangka, para politisi masih belum adanya pengelompokkan bagian-bagian strategi yang khusus untuk digunakan pada pemilihan. Adapun faktor yang menjadi penyebab kekalahan yaitu ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja politisi, adanya perubahan perilaku masyarakat, internal partai yang terfrakmentasi, tim sukses yang tidak profesional dan kurang transparansi dari penyelenggara terhadap pemilu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jaya,Wirawan,dkk,2015.Keberhasilan dan Kegagalan Strategi KomunikasiKampanye Para Kandidat dalam Perebutan Kursi Legislatif DPRD Kabupaten Barru Periode 2014-2019 Partai Gerindra Kota Semarang Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014.

Muhammad, Reza,2017. Kekalahan Petahana Dalam Pilkada 2015 Di Kabupaten Luwu Utara

Ning,dkk.2016.Strategi Incumbent Parpol Mempertahankan Suara Pasca Pindah

Pada Pemilu Legislatif Kota Denpasar Tahun 2014.FISIP. Universitas Udayana.2016

Ristian,Andre.2016. Demokrasi dan Kekuasaan Politik Calon Incumbent. Vol.1 No.1.

Scrhoder,Peter.2009. Politische Strategien. (Terjemahan Aviantie Agoesman). Jakarta:Friedrich-Naumann-Stifthung-Fur die freiheit.

Syamsuddin,dkk,2014. Pemilu Nasional Serentak 2019. Jakarta, Electoral Reseach Institute – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Wiandi,Juwansah.2019. Analisis Kekalahan Pertahana (Studi Kekalahan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat Pada Pilkada DKI jakarta Tahun 2017). Ilmu Politik, UIN Syarif Hidayatullah

Published
2021-04-30